Dari Indonesia ke seluruh Penjuru Dunia

Tips Bertahan Hidup di Jepang untuk Pendatang Baru

Japan Blog

Tips Bertahan Hidup di Jepang untuk Pendatang Baru

Tips Bertahan Hidup di Jepang untuk Pendatang Baru – Hai semua selamat datang di blog saya lagi.
Di artikel kali ini, Saya bakal ngasih berbagai tips buat kalian yang baru pertama kali tinggal di Jepang.
Hidup di negara baru emang nggak mudah, tapi jangan khawatir, saya punya banyak tips dan trik untuk kalian.

Dari belajar bahasa sampai nemuin tempat makan enak faforit, semuanya ada di sini.
Yuk kita gassken petualangan seru ini bareng-bareng dan bikin pengalaman kalian di Jepang jadi lebih asyik dan menyenangkan.

Tips Bertahan Hidup di Jepang untuk Pendatang Baru

Hal yang paling dasar jika kalian ingin pergi ke luar negeri untuk bekerja adalah bisa berkomukasi
dengan warga lokal, kalau jepang ya harus bisa bahasa jepang, minimal bisa bicara kata dasar
bahasa jepang. Dan ini menjadi hal paling utama untuk tips saya.

Tentunya kalian yang sudah mau berangkat untuk bekerja di jepang pasti diwajibkan untuk bisa
berbahasa jepang di yang paling standart.

Pelajari Bahasa Dasar

Memahami bahasa Jepang sangat penting buat kalian yang baru tinggal di Jepang. Walaupun banyak orang Jepang yang bisa bahasa Inggris, menguasai dasar-dasar bahasa Jepang akan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bisa berbahasa Jepang, kalian akan lebih mudah berkomunikasi dengan penduduk setempat, mencari informasi, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Mulailah dengan belajar frasa dasar seperti “Ohayou gozaimasu” (Selamat pagi), “Arigatou gozaimasu” (Terima kasih), dan “Sumimasen” (Maaf). Selain itu, frasa seperti “Konnichiwa” (Selamat siang), “Konbanwa” (Selamat malam), dan “Ogenki desu ka?” (Apa kabar?) juga sangat berguna.

Menguasai frasa dasar ini bukan hanya membantu kalian dalam berkomunikasi, tapi juga menunjukkan rasa hormat terhadap budaya Jepang. Kalian juga bisa belajar membaca hiragana dan katakana, dua dari tiga sistem penulisan Jepang, untuk membantu membaca tanda dan menu di restoran.

Belajar bahasa bisa dimulai dengan aplikasi seperti Duolingo, Rosetta Stone, atau bahkan mengikuti kursus bahasa Jepang di tempat kursus lokal. Menonton anime atau drama Jepang dengan subtitle juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa dan budaya Jepang.

Dengan usaha yang konsisten, kalian akan merasakan manfaat besar dari belajar bahasa Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Selamat belajar dan semoga sukses!

Pahami Etika dan Budaya Jepang

Memahami etika dan budaya Jepang sangat penting untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Jepang memiliki banyak kebiasaan dan etiket yang unik yang harus kalian ketahui.

Beberapa etiket dasar termasuk membungkuk saat memberi salam, berbicara dengan nada suara yang tenang, dan melepas sepatu saat masuk ke dalam rumah. Selain itu, penting untuk menunjukkan rasa hormat dengan selalu menggunakan tangan kanan atau kedua tangan saat memberikan atau menerima sesuatu, dan menghindari berbicara di telepon saat berada di transportasi umum.

Contoh-contoh etika sehari-hari yang penting meliputi:

Tips Bertahan Hidup di Jepang untuk Pendatang Baru

1. Menghargai Antrian: Orang Jepang sangat menghargai antrian. Baik itu di stasiun kereta, di restoran, atau di toko, pastikan kalian selalu mengikuti antrian dengan tertib.

2. Tidak Berbicara Keras di Tempat Umum: Di tempat umum seperti kereta atau bus, usahakan untuk tidak berbicara terlalu keras. Orang Jepang menghargai ketenangan di ruang publik.

3. Memberi dan Menerima dengan Kedua Tangan: Saat memberikan atau menerima sesuatu, seperti kartu nama atau hadiah, lakukan dengan kedua tangan sebagai tanda penghormatan.

4. Membungkuk: Membungkuk adalah bentuk salam yang umum di Jepang. Semakin dalam bungkukan, semakin besar rasa hormat yang ditunjukkan.

5. Mengucapkan Terima Kasih: Selalu ucapkan “Arigatou gozaimasu” setelah menerima bantuan atau layanan.

Dengan memahami dan mengikuti etika serta budaya Jepang, kalian akan lebih mudah diterima dan dihormati oleh penduduk setempat. Bisa dibilang penduduk asli jepang itu sedikit sensitive kepada orang asing, Kita harus pintar pintar mencari sela supaya kita diterima di lingkungan setempat di tempat kalian tinggal.

Gunakan Transportasi Umum

Jepang terkenal dengan transportasi umumnya yang sangat efisien dan tepat waktu. Jaringan kereta api dan bus di Jepang menghubungkan hampir semua wilayah, membuat perjalanan menjadi mudah dan nyaman. Stasiun kereta biasanya bersih dan teratur, dengan tanda-tanda yang jelas dalam bahasa Jepang dan Inggris.

Untuk mempermudah penggunaan transportasi umum, kalian bisa menggunakan kartu IC seperti Suica, Pasmo atau kalau di osaka itu ada IC card ICOCA. Kartu ini berfungsi seperti kartu prabayar yang dapat digunakan untuk membayar kereta, bus, dan bahkan di beberapa toko dan vending machine. Cara penggunaannya sangat mudah: cukup tap kartu di pembaca saat masuk dan keluar dari gerbang tiket.

Menggunakan kartu IC juga bisa membantu kalian menghindari kebingungan dalam membeli tiket setiap kali ingin naik kereta atau bus. Kalian bisa mengisi saldo kartu di mesin isi ulang yang tersedia di stasiun atau di beberapa toko serba ada. Dengan begitu, kalian bisa menikmati perjalanan tanpa repot.

Jadi, pastikan kalian memanfaatkan transportasi umum yang luar biasa ini untuk menjelajahi Jepang dengan mudah dan nyaman.

Cari Teman dan Komunitas

Bergabung dengan komunitas lokal dan expat memiliki banyak manfaat. Kalian bisa mendapatkan dukungan emosional, tips praktis, dan memperluas jaringan sosial. Teman-teman baru bisa membantu kalian merasa lebih betah dan lebih cepat beradaptasi di lingkungan baru.

Untuk menemukan komunitas, kalian bisa mencari grup di media sosial seperti Facebook dan Meetup atau aplikasi tinder mungkin, hehe “bercanda kalau app ini. Ok aplikasi seperti Internations juga bisa membantu kalian terhubung dengan komunitas expat. Selain itu, menghadiri acara lokal, kelas bahasa, atau kegiatan sukarela juga bisa menjadi cara yang baik untuk bertemu orang baru.

Tapi saya sarankan kalian tidak terlalu sering berkumpul dengan orang indonesia yang ada di jepang. Menurut saya pribadi terlalu sering kumpul dengan orang indonesia membuat kita tidak bisa maksimal bekerja di jepang dan juga akan mengganggu kalian dalam berbahasa jepang.

Kenapa saya bisa bilang gitu karena saya merasakan sendiri, Saya tinggal di okinawa dan saya tidak punya kenalan samasekali orang indonesia, jadi saya bisa mengingat bahasa jepang dengan cepat, karena ya setiap hari otak saya harus di putar untuk terus berbicara bahasa jepang.

Atur Keuangan dengan Bijak

Tips Bertahan Hidup di Jepang untuk Pendatang Baru

Mengelola anggaran bulanan dengan bijak sangat penting saat tinggal di Jepang, karena negara jepang juga dikenal memiliki biaya hidup tinggi “dan memang begitu” jika kita salah menggunakan uang kita.

Jadi mulailah dengan membuat anggaran untuk kebutuhan pokok seperti sewa, transportasi, makanan, dan utilitas. Usahakan untuk menyisihkan sebagian uang untuk tabungan dan keadaan darurat.

Untuk berhemat, kalian bisa memanfaatkan toko serba ada seperti Daiso atau Seria untuk kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau. Belanja di pasar tradisional atau supermarket saat ada diskon juga bisa mengurangi pengeluaran. Selain itu, memasak sendiri di rumah daripada sering makan di luar akan membantu menghemat uang kalian.

Dan juga kalau pingin hemat jangan terlalu banyak kumpul dengan komunitas orang indonesia, takutnya di jepang juga kayak di indonesia nanti, banyak yang pinjam uang “oops” kalau di balikin sih gpp, kalau gk? bangkrut.

Gunakan Teknologi

Teknologi bisa sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari di Jepang. Ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mempermudah berbagai hal, dari berkomunikasi hingga berbelanja.

Aplikasi yang Membantu Kehidupan Sehari-hari:

1. Google Translate: Untuk menerjemahkan teks dan percakapan secara instan.

2. Hyperdia: Untuk mencari jadwal kereta dan rute terbaik.

3. LINE: Aplikasi pesan yang populer di Jepang untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

4. Yurekuru Call: Memberi peringatan dini tentang gempa bumi.

Contoh Aplikasi yang Bermanfaat:

1. Japan Transit Planner: Membantu merencanakan perjalanan menggunakan transportasi umum.

2. Hot Pepper Gourmet: Mencari restoran dan membaca ulasan.

3. PayPay: Aplikasi pembayaran digital yang diterima di banyak tempat.

Dengan memanfaatkan teknologi ini, kalian bisa menjalani kehidupan sehari-hari di Jepang dengan lebih mudah dan nyaman.

Pahami Sistem Kesehatan

Memahami sistem kesehatan di Jepang sangat penting untuk memastikan kalian mendapatkan perawatan medis yang tepat saat diperlukan. Berikut beberapa hal yang perlu dan wajib kalian ketahui:

Asuransi Kesehatan Nasional:

Setiap penduduk di Jepang diharuskan untuk memiliki asuransi kesehatan. Ada dua jenis asuransi: Asuransi Kesehatan Pekerja dan Asuransi Kesehatan Nasional. Pastikan kalian terdaftar dalam salah satu dari kedua asuransi ini untuk mendapatkan layanan kesehatan yang lebih terjangkau.

Biasanya asuransi kesehatan itu langusung di tanggung oleh perusahaan dimana kalian bekerja, tapi ingat pembayaran asuransi, parusahaan tidak menanggung 100% ya, melainkan sekitar 50% saja, dan sisanya adalah potong GAJI.

Lokasi Rumah Sakit dan Klinik Terdekat:

Cari tahu lokasi rumah sakit dan klinik terdekat dari tempat tinggal kalian. Simpan nomor telepon darurat dan alamat fasilitas medis yang bisa diakses dengan mudah. Banyak rumah sakit besar di kota-kota besar memiliki layanan dalam bahasa Inggris, jadi pastikan kalian mengetahui fasilitas mana yang menyediakan layanan tersebut.

Jika kalian tinggal di pedesaan, usahakan kalian bisa berbahasa jepang setidaknya lancar lah, karena kebanyakn rumah sakit yang ada di pedesaan para perawat dan dokternya tidak bisa bahasa inggris.

Dengan memahami sistem kesehatan dan memiliki informasi yang tepat, kalian akan lebih siap menghadapi situasi medis apa pun selama tinggal di Jepang.

Nikmati Makanan Lokal

Menikmati makanan lokal adalah salah satu pengalaman terbaik saat tinggal di Jepang. Ada banyak makanan lezat yang wajib kalian coba.

Rekomendasi Makanan Lokal:

1. Sushi: Makanan ikonik Jepang yang harus dicoba.

2. Ramen: Mie kuah yang bisa ditemukan dalam berbagai varian.

3. Tempura: Gorengan ringan dari berbagai bahan seperti udang dan sayuran.

4. Takoyaki: Bola-bola tepung berisi potongan gurita.

5. Okonomiyaki: Pancake gurih dengan berbagai isian.

Manfaat Mencoba Kuliner Jepang:

Mencoba makanan lokal tidak hanya memberikan pengalaman kuliner yang luar biasa, tetapi juga membantu kalian memahami budaya dan tradisi Jepang lebih dalam. Selain itu, makanan Jepang terkenal sehat dengan bahan-bahan segar dan metode memasak yang menyehatkan. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi berbagai hidangan lokal dan nikmati kelezatan yang ditawarkan!

Jangan terlalu banyak mikir, ingat kalian sekarang ada di jepang dan tidak ada warteg di pinggir jalan, karena kamu tidak akan bisa menemukan makanan jepang seenak di jepang. Nanti kalian akan mengerti betapa enaknya makanan jepang saat kalian keluar dari jepang.

Eksplorasi Tempat Wisata

Tips Bertahan Hidup di Jepang untuk Pendatang Baru
itsukushima shrine japan

Menjelajahi tempat wisata di Jepang adalah cara yang bagus untuk mengenal lebih dalam budaya dan keindahan alam negara ini dan tentunya banyak sekali orang yang ingin berwisata ke jepang.

Bisa di bilang kalian sangat beruntung karena sudah ada di jepang, Mungkin beberapa tempat ini yang wajib kalian kunjungi

Tempat-Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi:

  1. Tokyo: Kota metropolis dengan berbagai atraksi modern dan tradisional.
  2. Kyoto: Kota bersejarah dengan banyak kuil dan taman yang indah.
  3. Osaka: Dikenal dengan makanan enak dan suasana kota yang hidup.
  4. Hokkaido: Pulau dengan pemandangan alam yang menakjubkan, terutama saat musim dingin.
  5. Okinawa: Pulau tropis dengan pantai yang indah dan budaya unik.

Manfaat Eksplorasi Jepang:
Menjelajahi Jepang memberikan kesempatan untuk memahami budaya dan sejarahnya lebih dalam. Kalian juga bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dan merasakan keramahan penduduk lokal. Setiap tempat menawarkan pengalaman yang berbeda, membuat petualangan kalian di Jepang menjadi lebih kaya dan berkesan.

Dengan mengeksplorasi berbagai tempat wisata ini, kalian akan mendapatkan perspektif yang lebih luas tentang kehidupan dan keindahan Jepang. Selamat berpetualang!

Tetap terhubung dengan Keluarga

Menjaga komunikasi dengan keluarga sangat penting untuk mendukung kesejahteraan emosional kalian saat tinggal di luar negeri. Koneksi dengan orang-orang terdekat dapat memberikan dukungan emosional dan mengurangi rasa kesepian.

Pentingnya Komunikasi dengan Keluarga:

Berkomunikasi secara rutin dengan keluarga membantu kalian merasa tetap terhubung dan mendapatkan dukungan moral yang dibutuhkan. Ini juga membantu menjaga hubungan yang kuat meskipun berada jauh dari mereka.

Tips Mengatasi Homesick:

1. Jadwalkan Panggilan Video: Tetapkan waktu rutin untuk panggilan video dengan keluarga.

2. Bagikan Cerita Sehari-hari: Ceritakan pengalaman kalian di Jepang, sehingga mereka merasa terlibat dalam kehidupan kalian. Atau kalian bisa menulis artikel di buku harian atau di platform online seperti blogger.

3. Cari Dukungan Lokal: Temukan komunitas expat atau lokal yang bisa menjadi teman dan support system kalian.

4. Tetap Aktif: Ikuti kegiatan yang kalian sukai untuk mengalihkan perhatian dari rasa homesick.

Dengan tetap terhubung dan menemukan cara untuk merasa nyaman, kalian bisa mengatasi homesick dan menikmati pengalaman tinggal di Jepang.

Penutup

Jadi itulah artikel yang bisa saya share ke kalian semua tentang Tips Bertahan Hidup di Jepang untuk Pendatang Baru. Semoga kalian bisa mendapat gambaran atau manfaat setelah membaca artikel saya ini.

Jangan lupa untuk terus berkarya, mungkin karya kalian tidak ada yang melirik saat tapi saya yakin jika kalian konsisten kalian akan mendapatkan efeknya.

Saya budi antoro, sampai jumpa di artikel saya yang lain. Bye

  1. No comments yet.

  1. June 11th, 2024

Related posts